Selasa, 24 Mei 2011

PERANGKAT DIAGNOSTIK UJI TANGKAP KELENJAR GONDOK

Thyroid Up-Take Counter adalah suatu perangkat atau alat untuk mempelajari kecepatan kelenjar gondok (thyroid gland) dalam mengakumulasi dan melepaskan iodium yang menjadi komponen utama dalam pembentukan hormon tiroksin yang berguna bagi metabolisme tubuh melalui suatu prosedur kedokteran nuklir.

Perangkat Diagnostik Uji Tangkap Kalenjar Gondok ( Thyroid Up-Take Counter )

Dalam prosedur ini digunakan isotop iodium-131 sebagai perunut yang biasanya dalam bentuk kapsul setelah melalui kendali kualita yang ketat. Kapsul aktif ini diukur aktivitasnya dengan alat tersebut (sebagai referensi standar), dan kemudian diberikan kepada pasien secara oral. Secara in-vivo pada interval waktu tertentu isotop iodium yang terakumulasi pada kelenjar gondok diukur aktivitas bersihnya (yaitu aktivitas setelah dikurangi aktivitas latarnya/background), selanjutnya data ini tercatat secara otomatis dalam komputer.

Hasil pengukuran aktivitas setelah pemberian kapsul iodium dibandingkan dengan referensi, merupakan kurva persentasi radioaktivitas iodium yang terukur dalam kelenjar dan polanya seperti terlihat pada gambar kurva fungsi thyroid.

Kurva fungsi Thyroid
Kurva yang terbentuk menunjukkan uji dinamik fungsi tangkap kelenjar gondok/thyroid terhadap iodium dalam proses pembentukan dan pelepasan hormon, serta interaksinya dengan kelenjar pituitary.

Kurva-kurva tersebut memperlihatkan persentasi fungsi thyroid (tangkap kelenjar gondok terhadap iodium), antara lainkurva nomor :
1. Menunjukkan Thyroid
2. Menunjukkan hypothyroid
3. Menunjukkan hyperthyroid
4. Menunjukkan hyperthyroid severe
5. Menunjukkan organification defect

Nilai normal tangkapan thyroid bervariasi dari 8 sampai 80%. Nilai normal setelah pemberian dosis 2-4 jam adalah 10-30%, sedangkan untuk 24 jam adalah 25-55%, dan untuk 48 jam adalah 30-60%. Persentasi tangkapan pada 2-4 jam pertama adalah sangat berguna untuk mendiagnosis hyperthyroid, sedangkan pada 24 jam dan diatasnya sangat berguna untuk hyperthyroid, karena pada saat itu aktifitas background pada jaringan non-thyroid telah menurun.

kartu elektronik akuisisi data


Sumber

Berbagai sumber :
  1. www.batan.go.id
  2. www.infonuklir.com
  3. http://warintek.ristek.go.id/

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) Didukung oleh NewPurwacarita

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger